Mata Kuliah Kajian Budaya POP (2 SKS)
Matakuliah ini mengkaji dan mengeksplorasi gagasan dan teori-teori tentang budaya populer sebagai sarana persuasi dominan di masyarakat. Selain itu, bertujuan mengkaji relasi historis antara budaya populer dan politik di awal kemunculan kajian budaya pop, mendiskusikan ranah-ranah kajian budaya populer di Indonesia dan di dunia, serta memetakan kajian budaya pop di Indonesia dan di dunia sebagai sebuah ranah penelitian akademis.
Memahami sejarah dan teori-teori budaya populer terutama yang berkaitan dengan kajian bahasa dan sastra.
Memahami relasi antara budaya populer dan komunikasi, terutama media massa.
Meningkatkan kemampuan mendeskripsikan, menginterpretasi, dan mengevaluasi budaya populer yang dijumpai dalam keseharian.
Meningkatkan kesadaran atas pengaruh budaya populer dalam keseharian terkait dengan politik dan relasi sosial lainnya, sehingga pengaruh tersebut dapat menjadi bekal dalam sikap kritis atas budaya populer.
Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan analitis dengan mengidentifikasi isu-isu yang relevan, mengevaluasi kondisi, dan mengartikulasi posisi secara jelas dan ilmiah.
Ariel Heryanto. 2012. Budaya Populer di Indonesia: Mencairnya Identitas Pasca Orde Baru . Yogyakarta: Jalasutra.
Bruce David Forbes & Jeffrey H.Mahan. 2017. Religion and Popular Culture in America. California: University of California Press.
Chris Barker. 2005. Cultural Studies: Teori dan Praktik . Yogyakarta: Bentang.
Dominic Strinati. 2004. An Introduction to Theories of Popular Culture . London New York: Routledge.Gregory N. Evon & Devleena Ghosh. 2019. Media, Culture, and Social Change in Asia (The Series). London: Routledge
Hikmat Budiman. 2002. Lubang Hitam Kebudayaan . Yogyakarta: Kanisius.
Idi Subandy Ibrahim. 2007. Budaya Populer sebagai Komunikasi: Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer . Yogyakarta: Jalasutra.
Idi Subandy Ibrahim. 2011. Kritik Budaya Komunikasi, Budaya, Media, dan Gaya Hidup dalam Proses Demokratisasi di Indonesia . Yogyakarta: Jalasutra.Idi Subandy Ibrahim & Bachruddin Ali Akhmad. 2014. Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi . Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Julia Tzvetkova. 2017. Pop Culture in Europe . California: ABC-CLIO
Lara N. Dotson-Renta. 2012. Immigration, Popular Culture, and the Re-routing of European Muslim Identity . New York: Palgrave Macmillan.
Paul Buhle (ed.). 1987. Popular Culture in America . Minneapolis: University of Minnesota Press.
Rachmah Ida. 2014. Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya . Jakarta: Prenada Media Group.
Rachmah Ida (ed.). 2017. Budaya Populer Indonesia: Diskursus Global/Lokal dalam Budaya Populer Indonesia . Surabaya: Airlangga University Press.