Mata Kuliah Kajian Pendidikan Inklusif (3 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah Pendidikan Inklusi pada tingkat S3 dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam dan analisis kritis tentang konsep, teori, dan praktik pendidikan inklusif. Mata kuliah ini mengeksplorasi strategi dan kebijakan yang mendukung inklusi di berbagai tingkat pendidikan, dengan fokus khusus pada implementasi di konteks pendidikan tinggi dan sistem pendidikan nasional. Mahasiswa akan mempelajari pendekatan teoritis dan praktis untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, serta mengevaluasi kebijakan dan praktik yang ada untuk merumuskan rekomendasi berbasis bukti untuk perbaikan.

Capaian Mata Kuliah :

CPL-Prodi yang dibebankan pada MK CPL-1 Menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. CPL-2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. CPL-3 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai dan kaidah pendidikan inklusi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) CPMK1 Mampu menganalisis dan menyintesiskan berbagai pendekatan, metode, dan strategi penerapan pendidikan inklusi dalam upaya menangani masalah-maslah peserta didik berkebutuhan khusus. CPMK2 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik. CPMK3 Memiliki kepribadian inklusif secara utuh yang dapat terlihat dari sikap dan pelayanan terhadap siswa berkebutuhan khusus secara langsung dalam melaksanakan layanan pendidikan inklusi secara optimal


Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK)

Sub-CPMK1

Mahasiswa mampu menganalisis dan mengkritisi teori-teori pendidikan inklusif yang ada serta menerapkannya dalam konteks yang beragam.

Sub-CPMK2

Memahami berbagai teori pendidikan inklusif dan implikasinya terhadap praktik pendidikan.

Sub-CPMK3

Mampu membandingkan dan mengevaluasi teori-teori tersebut dalam konteks global dan lokal.

Sub-CPMK4

Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan penelitian lanjutan yang berkontribusi pada pengembangan pengetahuan dalam pendidikan inklusif.

Sub-CPMK5

Mampu mengimplementasikan metodologi penelitian yang kompleks dan sesuai untuk studi inklusi.

Sub-CPMK6

Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi kebijakan pendidikan inklusif serta merancang rekomendasi untuk praktik yang lebih baik.

Sub-CPMK7

Menilai kebijakan pendidikan inklusif yang ada dan mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan dalam kebijakan tersebut.

Sub-CPMK8

Mahasiswa mampu mengeksplorasi dan menerapkan inovasi serta teknologi terbaru untuk mendukung pendidikan inklusif.

Sub-CPMK9

Mahasiswa dapat memimpin dan mengadvokasi penerapan prinsip inklusi di berbagai tingkat sistem pendidikan.

Sub-CPMK10

Mahasiswa mampu menganalisis studi kasus dalam pendidikan inklusif dan menerapkan solusi praktis untuk tantangan yang dihadapi.


Sumber Rujukan :

Utama :

  1. Armstrong, A. C., Spandagou, I., & Armstrong, D. (2009). Inclusive education: International policy & practice.
  2. Budiyanto (2017) Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal, Prenadamedia.
  3. Budiyanto, Sheehy (2019) Manual Sign Acquisition In Children With Developmental Disabilities; Nova Science Publishers Inc.
  4. Budiyanto. (2011) Best Practices Inclusive Education in Japan, Australia, India and Thailand, CRICED
  5. Budiyanto (2010) Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Direktorat PKLK Kemdikbud.
  6. Hibel, J., Farkas, G., & Morgan, P. L. (2010). Who is placed into special education?. Sociology of education , 83 (4), 312-332.
  7. Kelly, B. B., & Allen, L. (Eds.). (2015). Transforming the Workforce for Children Birth Through Age 8: A Unifying Foundation . National Academies Press.
  8. Loreman, T., Deppeler, J., & Harvey, D. (2005). Inclusive education: A practical guide to supporting diversity in the classroom . Psychology Press.
  9. McCray, E. D. (2023). Handbook of research on special education teacher preparation . E. Bettini, M. T. Brownell, J. McLeskey, & P. T. Sindelar (Eds.). Taylor & Francis Group.
  10. Mastropieri, M. A., & Scruggs, T. E. (2010). The inclusive classroom: Strategies for effective differentiated instruction. (No Title) .
  11. Wade, S. E. (2000). Inclusive education: A casebook and readings for prospective and practicing teachers . Routledge.

Pendukung :

1. Panduan Penyelenggaraan Pendidikan inklusif. Direktorat PKLK Kemdikbud (2010)

2. Panduan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi (2017)


© 2025. Develop BY PPTI UNESA TEAM
Powered By ALim Sumarno