Mata Kuliah Konseling Disabilitas (2 SKS)

Deskripsi Mata Kuliah :
Mengembangkan pemahaman tentang landasan teori bimbingan dan konseling bagi anak disabilitas, dan praktik-praktik pelaksanaannya (Vokasi) di sekolah atau pendidikan pada umumnya. Mengkaji berbagai teori dan teknik konseling (individual dan kelompok) dalam menangani anak Disabilitas. Dengan (1) Mengembangakan Bimbingan belajar dengan kajian konseptual teoritik (2) menganalisis, membandingkan, mengevaluasi setiap teori sehingga ditemukan persamaan dan perbedaan antar teori, dan (3) mengaplikasikan berbagai teori konseling secara integratif dan fleksibel untuk membantu konseli, (4) mengaplikasikan teknik-teknik konseling sesuai teori yang dikaji, dan (5) menggunakan hasil analisis tersebut untuk penelitian dan pengembangan. Perkuliahan diakhiri dengan penyusunan paper yang mendeskripsikan suatu permasalahan anak Disabilitas, dan penyusunan strategi bimbingannya berdasarkan suatu sudut pandang teori tertentu untuk memecahkannya. Paper tersebut berpeluang untuk menjadi calon penelitian pengembangan atau eksperimen bimbingan bagi anak Disabilitas yang bisa direncanakan dalam bentuk tesis.
Capaian Mata Kuliah :
Menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahlian bimbingan dan konseling

Sumber Rujukan :
Fitzgerald, J. E., & Kauffman, J. M. (2019). Disability and the Family: A Handbook for Professionals. Springer. Nezu, A. M., & Nezu, C. M. (2015). Handbook of Psychological Treatment Protocols for Children and Adolescents. Springer. Turnbull, A., Turnbull, H. R., Erwin, E. J., & Soodak, L. C. (2016). Exceptional Lives: Special Education in Today’s Schools (8th ed.). Pearson. Harris, B. S. (2013). Disability and the Helping Professions: A Guide for Practitioners. Allyn & Bacon. Smith, S. J., & Johnson, M. (2014). The Disability Experience: A Guide for Families and Professionals. Sage Publications. Biklen, D., & Bogdan, R. (2007). Disability and the Life Course: A Global Perspective. Routledge. Zhang, D., & Hargrove, M. (2012). Multicultural Counseling and Psychotherapy: A Lifespan Perspective. Wiley. Lombardi, A. R., & Muench, L. (2016). Inclusive Practices for Supporting Students with Disabilities: Research and Strategies. Routledge.

© 2025. Develop BY PPTI UNESA TEAM
Powered By ALim Sumarno